Info
|
Profil G+ Profil Facebook Profil twitter
Home » » Sepuluh Putaran Pembicaraan Nuklir Iran-IAEA Gagal

Sepuluh Putaran Pembicaraan Nuklir Iran-IAEA Gagal

Written By xxxxx on Kamis, 16 Mei 2013 | 08.40

Sepuluh Putaran Pembicaraan Nuklir Iran-IAEA Gagal [Indonesiaku Islam] - Badan atom Perserikatan Bangsa-Bangsa IAEA, hari Rabu (15/5/2013) mengatakan bahwa putaran ke-10 pembicaraan tentang dugaan pembuatan senjata nuklir oleh Teheran telah gagal.
Sepuluh Putaran Pembicaraan Nuklir Iran-IAEA Gagal
Menurut kepada inspektur IAEA Herman Nackaerts kepada reporter, mereka tidak dapat menuntaskan negosiasi yang telah berlangsung selama satu tahun setengah.

Lebih lanjut Nackaerts mengatakan bahwa IAEA tetap berkomitmen untuk melakukan dialog dengan pemerintah Iran dan “tidak menyerah”, hanya saja sejauh ini “upaya terbaik mereka belum membuahkan hasil,” lapor AFP.

Sebelumnya sudah ada sembilan putaran perundingan sejak dipublikasikannya laporan besar IAEA tentang program nuklir Iran pada Nopember 2011.

IAEA menekan para pejabat Teheran untuk memberikan akses ke lokasi pembangkit, dokumen dan para ilmuwan yang terlibat dalam program nuklirnya yang diduga dikembangkan untuk senjata.

Iran mengatakan temuan IAEA berdasarkan pada informasi salah dari intelijen-intelijen asing seperti intelijen Amerika Serikat CIA dan Israel Mossad. Padahal badan-badan intelijen asing itu sendiri mengeluh tidak diberi akses untuk melihat program nuklir Iran.

Di tempat terpisah namun masih tentang nukilr Iran, hari Rabu malam di Istanbul digelar pertemuan antara kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherin Ashton dengan kepala perunding nuklir Iran Said Jalili untuk pertama kalinya sejak negosiasi enam-pihak di Kazakhstan pada bulan April kemarin gagal.
Share this post :

Posting Komentar